News Teknologi

Sekarang fitur Circle to Search bisa diakses di komputer

×

Sekarang fitur Circle to Search bisa diakses di komputer

Sebarkan artikel ini



Circle to Search saat ini terbatas pada ChromeOS 127 beta dan Chrome 128 beta (untuk Windows dan macOS).

Google meluncurkan fitur Circle to Search untuk perangkat Android premium mulai Januari tahun ini. Kini, fitur tersebut kini tersedia untuk pengguna desktop juga. Fitur itu kini tersedia di ChromeOS dan peramban Chrome. Bagi yang belum tahu, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mencari informasi berdasarkan konten visual dengan mudah.

Dilansir dari Gizmochina (1/8), namun Circle to Search saat ini terbatas pada ChromeOS 127 beta dan Chrome 128 beta (untuk Windows dan macOS) dan diharapkan akan segera tersedia untuk versi reguler. Selain itu, fitur tersebut saat ini diberi label sebagai “Search with Google Lens” untuk Windows dan macOS, sedangkan pada ChromeOS disebut “Drag to Search”.

Pada macOS atau Windows dengan Chrome 128 beta, pengguna dapat mengakses fitur baru ini dengan memilih “Search with Google Lens” dari menu overflow. Opsi ini juga dapat disematkan ke panel samping untuk memudahkan akses. Berbicara tentang ChromeOS, penggunanya dapat memicu fitur tersebut dengan mengklik ikon Google Lens baru di bar alamat.

Dengan fitur ini, pengguna desktop kini dapat mencari apa pun di layar komputer hanya dengan menyeret kotak di sekitar elemen tersebut. Catatan rilis perusahaan untuk Chrome 128 beta menjelaskan fitur tersebut sebagai berikut:

“Google Lens di Chrome memudahkan pencarian apa pun yang Anda lihat di layar. Cari dalam video yang sedang Anda tonton, slide dalam streaming langsung, atau gambar di halaman web. Google Lens akan memberi Anda jawaban di sana, di tab Anda, dan Anda dapat terus menjelajah dengan informasi baru yang Anda temukan.”

Fitur ini diharapkan akan memasuki saluran stabil Chrome untuk macOS dan Windows dalam beberapa minggu ke depan. Setelah itu, setiap pengguna akan dapat mengakses fitur tersebut seperti yang dijelaskan di atas.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *