News Teknologi

Apple minta maaf karena iklannya dianggap hina Thailand

×

Apple minta maaf karena iklannya dianggap hina Thailand

Sebarkan artikel ini



Setelah mendapat kecaman atas penggambaran Thailand yang ketinggalan zaman dan stereotip dalam iklan Apple, Apple telah menghapusnya dan mengeluarkan permintaan maaf.

Setelah mendapat kecaman atas penggambaran Thailand yang ketinggalan zaman dan stereotip dalam iklan Apple, Apple telah menghapusnya dan mengeluarkan permintaan maaf. Perhatian negatif tersebut menyusul permintaan maaf Apple atas iklan iPad Pro “Crush” dan penghapusannya dari siaran pada bulan Mei setelah menuai kritik luas di kalangan komunitas kreatif.

“Orang Thailand sangat tidak senang dengan iklan tersebut,” kata anggota parlemen Thailand Sattra Sripan sebagaimana dilansir dari The Verge. “Saya mendorong orang Thailand untuk berhenti menggunakan produk Apple dan beralih ke merek lain.”

Iklan berdurasi 10 menit, berjudul “OOO (Out of Office)”, merupakan yang terbaru dalam serial komedi Apple The Underdogs yang menggambarkan rekan kerja yang berulang kali menggunakan produk Apple untuk menyelesaikan masalah di tempat kerja mereka.

Dilansir dari The Verge (6/8), iklan tersebut memulai debutnya pada pertengahan Juli dan menampilkan tim Underdogs yang menjelajahi Thailand dalam pencarian untuk menemukan pabrik pengemasan baru. Warga negara Thailand, anggota parlemen, dan influencer mengkritik penggunaan filter sepia dan penggambaran bandara, transportasi, pakaian, dan hotel dalam video tersebut karena salah menggambarkan negara tersebut sebagai negara yang terbelakang.

“Tujuan kami adalah untuk merayakan optimisme dan budaya negara tersebut, dan kami mohon maaf karena tidak sepenuhnya menangkap semangat Thailand hari ini,” kata Apple dalam sebuah pernyataan. “Film tersebut tidak lagi ditayangkan.” Apple mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan perusahaan produksi lokal di Thailand untuk membuat video. Iklan ini telah dihapus dari saluran YouTube Apple, meskipun versi lengkapnya masih dapat dilihat dalam laporan ini oleh Campaign.

Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin, yang sebelumnya mempromosikan iklan tersebut, mengatakan kepada wartawan bahwa ada dua sisi dari setiap koin. Ketika ditanya oleh wartawan apakah dia khawatir “Apple mungkin tidak ingin berinvestasi di Thailand lagi karena orang-orang Thailand menentangnya dan akan lebih banyak menggunakan Android,” dia mengatakan tidak.

@bangkokpost.official Apple’s latest short film commercial ‘The Underdogs: OOO (Out Of Office)’ that aims to represent its gadgets filmed in Thailand has sparked criticism among Thai people as the commercial portrays Thailand in a low-tech and underdeveloped mood and tone, using a warm colour in several scenes of the film. #apple #Thailand #commercial #technology #gadgets #shortfilm #iphone #ipad #macbook #imac #applevisionpro #ios #applethailand #ไอโฟน #ไอแพด #แมคบุ๊ค #แอปเปิ้ล #โฆษณา #หนังสั้น #ข่าวtiktok #ข่าวเทคโนโลยี ♬ original sound – Bangkok Post



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *