News Teknologi

Dua pimpinan OpenAI telah tinggalkan perusahaan

×

Dua pimpinan OpenAI telah tinggalkan perusahaan

Sebarkan artikel ini



Dua personel utama OpenAI meninggalkan perusahaan, sementara satu personel lainnya mengambil cuti selama sebulan.

Dua personel utama OpenAI meninggalkan perusahaan, sementara satu personel lainnya mengambil cuti selama sebulan. Dilansir dar Engadget (7/8), presiden OpenAI Greg Brockman mengambil cuti panjang, sementara rekan pendirinya John Schulman mengucapkan perpisahan kepada perusahaan dan bergabung dengan perusahaan saingannya Anthropic. Peter Deng, VP untuk produk konsumen yang bergabung tahun lalu, juga meninggalkan OpenAI. Deng pernah memimpin pengembangan produk di Meta dan Uber.

Dalam sebuah posting di X, Brockman mengatakan cutinya akan berlangsung hingga akhir tahun dan bahwa ini adalah “pertama kalinya dia bersantai” sejak mendirikan OpenAI sembilan tahun lalu. Dia juga dilaporkan meyakinkan anggota staf bahwa dia akan kembali setelah liburannya.

Brockman meninggalkan OpenAI untuk sementara waktu tahun lalu ketika dewan perusahaan memecat CEO-nya, Sam Altman. Mereka berdua dipekerjakan kembali hanya beberapa hari kemudian, sedangkan dewan dibubarkan dan diganti.

John Schulman juga mengunggah catatan yang dikirimnya kepada staf OpenAI di X, di mana ia mengatakan bahwa kepergiannya bermula dari “keinginannya untuk memperdalam fokus pada penyelarasan AI” dan untuk “kembali ke pekerjaan teknis langsung.” Ia mengklarifikasi bahwa ia tidak meninggalkan OpenAI karena kurangnya dukungan untuk penelitian penyelarasan dan bahwa para eksekutif perusahaan tampaknya telah “sangat berkomitmen untuk berinvestasi di area ini.”

Di OpenAI, Schulman membantu memimpin tim pasca-pelatihan yang menyempurnakan model bahasanya yang besar. Setelah perusahaan membubarkan tim “Superalignment” yang bertugas mengarahkan model AI yang kuat yang dapat menimbulkan ancaman bagi umat manusia di masa depan, OpenAI mengatakan Schulman akan bertanggung jawab atas segala upaya keselamatan di masa mendatang.

Kepergian ini mengikuti beberapa perubahan besar sebelumnya dalam jajaran pemimpin OpenAI. Sebelum tim Superalignment dibubarkan, Jan Leike, salah satu pimpinannya, menulis di X bahwa “budaya dan proses keselamatan telah dikesampingkan demi produk yang cemerlang” dalam perusahaan selama beberapa tahun terakhir.

Salah satu pendiri perusahaan dan Kepala Ilmuwan Ilya Sutskever juga pergi pada bulan Mei. Ia terlibat dalam pemecatan Altman sebagai anggota dewan, meskipun kemudian mengatakan bahwa ia menyesali keterlibatannya dalam tindakan dewan.

Meskipun tetap menjadi Kepala Ilmuwan setelah kejadian tersebut, ia dilaporkan tidak pernah benar-benar kembali ke tugasnya. OpenAI baru-baru ini merekrut CFO dan kepala petugas produk pertamanya, yang mungkin berdampak pada peran Deng dalam perusahaan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *