News Teknologi

WD Blue SN580 NVMe 1TB pas untuk video editor ingin upgrade

×

WD Blue SN580 NVMe 1TB pas untuk video editor ingin upgrade

Sebarkan artikel ini



WD Blue SN580 NVMe 1TB menawarkan performa yang sangat baik serta kapasitas besar dengan harga yang masih ramah dikantong.

Profesi editor video dan foto saat ini menjadi pekerjaan yang semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun, tantangan terbesar dalam pekerjaan ini adalah ukuran file video yang besar dan juga kecepatan untuk mentransfer file, dimana hard disk atau SSD biasa biasanya sudah tak lagi mumpuni.

Hal ini pun dirasakan oleh salah satu tim editing Tek.id, dimana laptop yang sudah berumur 5 tahun sudah menunjukkan umurnya. Meski performa prosesor dan GPU-nya masih kuat, namun performa SSD-nya sudah menurun jauh.

Nah kebetulan banget nih tim Tek.id sedang kedatangan SSD terbaru dari WD, yakni WD Blue SN580 NVMe berkapasitas 1TB. Kita bakal melihat perbedaan performa dari SSD dengan teknologi 5 tahun lalu dengan SSD generasi terbaru.

Pastinya kalian bertanya, kok gak sekalian pakai WD Black aja? Sebenarnya ada beberapa faktor. Yang pertama adalah harga, lalu ada juga faktor kapasitas, dukungan port laptop juga menjadi pertimbangan, dan yang terakhir adalah laptop ini hanya digunakan untuk editing, dan tidak untuk bermain game.

Nah, WD Blue menawarkan sweet spot baik di harga, kapasitas, dan juga performa. WD Blue SN580 NVMe hadir dengan harga Rp1,5 juta-an di official store eCommerce mereka untuk kapasitas 1TB. Ada juga kapasitas lain, mulai dari 250GB hingga 2TB.

Di atas kertas, WD menawarkan kecepatan read hingga 4150MB/s yang sudah cukup kencang untuk mentransfer video 4K. Hal ini dikarenakan SSD yang satu ini sudah menggunakan interface PCIe 4.0 x4 dan menggunakan flash memory 112-Layer Kioxia TLC (BiCS5) dengan kontroler khusus dari SanDisk.

Memang, jika dibandingkan dengan WD Black SN850 yang memiliki kecepatan read hingga 7300MB/s, kecepatannya memang terlihat kurang kencang. Namun, saat kami tes, SSD ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja saat harus mentransfer video 4K berukuran 3GB.

Belum lagi soal harga. Dengan kapasitas yang sama, WD Blue SN580 memiliki harga yang jauh lebih murah, karena WD Black SN850 memiliki harga Rp2,1 juta-an. Jadi, buat kalian yang memiliki budget yang terbatas atau ingin ROI yang lebih cepat, WD Blue merupakan pilihan yang lebih tepat.

Nah berikut ini hasil benchmark yang telah kami lakukan :

 

 

Seperti yang kalian dapat lihat, performa antara SSD lama dan WD Blue SN580 memiliki performa yang cukup jauh. Jadi, dengan melakukan penggantian SSD saja, kalian bisa meningkatkan performa laptop lama hingga menjadi lebih kencang.

Peningkatan performa ini juga terasa saat penggunaan harian. Booting windows menjadi lebih cepat, begitu juga saat membuka dan berpindah aplikasi terasa lebih snappy.

Kesimpulan : Investasi terbaik untuk produktivitas

Jika kalian merupakan pekerja kreatif atau ingin membuat laptop lama jadi lebih modern, WD Blue SN580 menawarkan apa yang kalian inginkan. SSD ini memiliki performa yang kencang, berkapasitas besar, namun tetap ramah di kantong.

Dihargai Rp1,5 juta-an, WD Blue SN580 NVMe menawarkan kapasitas 1TB dengan kecepatan read hingga 4150MB/s. SSD ini juga sudah menggunakan interface NVMe PCIe 4.0 x4, yang tentunya kompatibel baik untuk komputer dan laptop baru maupun lama, untuk meningkatkan performa.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *