News Teknologi

Pengguna Android keluhkan GIF terdistorsi dari iPhone

×

Pengguna Android keluhkan GIF terdistorsi dari iPhone

Sebarkan artikel ini



Hal ini terjadi karena iOS belum mendukung platform Rich Communication Services (RCS) yang digunakan oleh Google Messages.

Pengguna Android melaporkan masalah serius terkait penerimaan GIF dari pengguna iPhone. GIF yang dikirim melalui SMS atau MMS seringkali berubah menjadi gambar diam yang terdistorsi, menampilkan titik-titik dan piksel yang hilang. Hal ini terjadi karena iOS belum mendukung platform Rich Communication Services (RCS) yang digunakan oleh Google Messages. Dukungan RCS dari iOS diperkirakan baru akan tersedia akhir tahun ini.

Dilansir dari Phone Arena (28/5), laporan dari berbagai pengguna Android di Reddit, sebagaimana dilaporkan oleh 9to5Google, menunjukkan bahwa masalah ini telah mempengaruhi perangkat Pixel dan Galaxy. Salah satu pemilik Pixel 7 Pro menemukan solusi sementara dengan menonaktifkan pengaturan “Send photos faster” di Google Messages. Namun, pengguna lain melaporkan bahwa langkah tersebut tidak efektif, karena masalah tetap terjadi meskipun pengaturan tersebut sudah dinonaktifkan sebelumnya.

GIF yang dikirim oleh pengguna iPhone kepada pengguna Android muncul sebagai gambar diam yang terdistorsi, seperti yang ditunjukkan oleh pengguna Reddit dengan nama u/ForwardMotion6565. Beberapa pengguna menganggap gambar yang terdistorsi ini terlihat menarik, namun banyak yang merasa terganggu dengan kerusakan ini.

Dukungan Google telah menyarankan solusi yang lebih drastis, yakni melakukan reset pabrik. Namun, ini adalah opsi yang ditakuti banyak pengguna karena risiko kehilangan data yang belum di-backup. Untuk mencoba solusi dengan menonaktifkan pengaturan “Send photos faster”, pengguna bisa membuka aplikasi Google Messages, mengetuk ikon profil di pojok kanan atas, memilih “Pengaturan pesan”, lalu mematikan opsi “Send photos faster”.

Perlu dicatat bahwa masalah ini tidak terjadi pada semua GIF yang dikirim dari iPhone ke Android. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka menerima GIF dengan kondisi baik. Namun, bagi yang terkena dampak, masalah ini sangat mengganggu. Seorang pengguna Pixel mengeluhkan bahwa ia telah menerima GIF terdistorsi selama beberapa minggu terakhir di dua perangkat Pixel yang berbeda.

Dukungan RCS di iOS diharapkan hadir dengan peluncuran iOS 18, yang kemungkinan akan diumumkan pada Worldwide Developers Conference (WWDC) bulan depan. Kombinasi antara dukungan RCS dan inisiatif AI Apple diharapkan menarik banyak pengguna untuk bergabung dalam program beta iOS 18 pada bulan Juni mendatang.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *