News Teknologi

Ini cara kontrol iPhone dan iPad dengan mata

×

Ini cara kontrol iPhone dan iPad dengan mata

Sebarkan artikel ini



Apple mengumumkan fitur aksesibilitas baru bulan lalu termasuk Eye Tracking. Kini perusahaan telah menambahkan fitur Eye Tracking ke iOS 18 dan iPadOS 18 yang baru dirilis.

Apple mengumumkan fitur aksesibilitas baru bulan lalu termasuk Eye Tracking. Kini perusahaan telah menambahkan fitur Eye Tracking ke iOS 18 dan iPadOS 18 yang baru dirilis.

Dilansir dari Gizmochina (12/6), dengan opsi aksesibilitas ini, pengguna dapat mengontrol iPhone dan iPad yang kompatibel hanya dengan menggunakan mata. Meskipun fitur ini dirancang untuk membantu penyandang disabilitas, fitur ini juga dapat menjadi cara yang menyenangkan dan nyaman bagi orang lain untuk berinteraksi dengan perangkat mereka.

Hanya diperlukan beberapa detik untuk mengkalibrasi kamera depan dan mengaktifkan fitur tersebut dan tidak memerlukan perangkat keras atau aksesori tambahan agar fungsi pelacakan dapat berfungsi. Dengan fitur ini, pengguna dapat menavigasi aplikasi iOS dan iPadOS menggunakan kontrol diam untuk berinteraksi dengan setiap elemen, dan bahkan dapat mengontrol fungsi tombol fisik.

Pengguna dengan iPhone 12 ke atas yang menjalankan iOS 18 dapat mengaktifkan Eye Tracking dengan membuka Settings > Accessibility > Eye Tracking. Setelah mengaktifkan sakelar, pengguna harus mengikuti titik yang ditampilkan di layar dengan tampilan mereka dengan mata saat bergerak di sekitar layar. Ini mengkalibrasi kamera dengan gerakan mata pengguna.

Proses penyiapan itu hanya memakan waktu beberapa detik dan setelah itu pengguna akan dapat memilih dan berinteraksi dengan elemen di layar dengan mata mereka. Untuk memilih elemen seperti ikon aplikasi, pengguna perlu melihat ikon tersebut dan menahan posisi tersebut selama 2-3 detik.

Fitur ini memanfaatkan LLM mesin pada perangkat Apple (on-device) untuk melacak mata secara akurat. Apple mengatakan bahwa semua data yang diperlukan agar fitur ini berfungsi, tetap aman di perangkat dan tidak ada kekhawatiran terkait privasi.

Fitur aksesibilitas lainnya di iOS 18 adalah Music Haptics yang memungkinkan penyandang tuna rungu atau gangguan pendengaran untuk menikmati musik menggunakan Taptic Engine di iPhone. Vokal Shortcuts memungkinkan pengguna melakukan tugas dengan membuat suara khusus.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *